Rabu, 20 Desember 2017

Museum Gratis milik Talat Harb


Sebuah mobil jasa pengiriman ikan ke rumah-rumah, milik Perusahaan Perikanan Mesir; salah satu anak usaha Banque Misr yang didirikan oleh Talaat Harb. ⏳1927 M.

Anak perusahaan ini merupakan satu dari sekian perusahaan lain di berbagai sektor seperti tekstil, kargo, percetakan, perfilman, dan maskapai penerbangan pertama milik Mesir: Egypt Air.
.
📌 Lalu siapa sebenarnya Talaat Harb? Bagaimana jalan hidupnya hingga nama ini menjadi ikon bankir, ekonom, sekaligus nasionalis?
.
Kawan-kawan bisa langsung mengunjungi museum yang GRATIS tanpa tiket ini di Bank Pusat Banque Misr yang juga merupakan situs sejarah terdaftar di kementerian dan masih aktif untuk melayani nasabah. Saat kita ada di dalamnya, kita akan merasakan nuansa pelayanan modern dengan kemasan vintage. Serasa ada di bank yg nampak di serial Harry Potter.
.
Jika sudah puas melihat pajangan yang ada di ruang utama, kawan-kawan bisa langsung bertanya di mana museum yang asalnya merupakan ruang kerja "pasha" yang bernama Talaat Harb ini. Bebas akses masuk dengan pegawai yang ramah. Kita bahkan dipersilakan melihat film dokumenter koleksi museum, melihat koleksi potongan kiswah kakbah pemberian Saudi, dan tentu melihat berbagai koleksi museum dengan nyaman, bersih, dan adem hehehe.
.
Itung-itung sehabis keliling maktabah di area Downtown, kepanasan, bolehlah menepi di museum ini. Yaa agaknya lebih berkualitas daripada menikmati AC di etalase kafe franchise ternama.
.
📍Mohamed Farid st. - Downtown
.
Jangan kaget dengan pemeriksaan yg ketat di pintu masuk. Bank Pusat bro! So, jika kalian bawa kamera, bilang saja akan memotret di dalam museum, bukan di ruang utama. Selamat ngadem di liburan musim panas! 😁
#kupretistducaire #masisir

Mahasiswa pascasarjana jurusan Siyasaat Syar'iyyah, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir