Kamis, 19 Juli 2018

Seminar di Situs Rumah Tuan Ali Labib

Selasa lalu (17/7) kawan-kawan komunitas Kupretist du Caire mengunjungi sebuah situs rumah bersejarah “Manzil Ali Labib” yang kini menjadi pusat budaya & seni (fokus seni bangunan) di bawah naungan Kementerian Budaya Mesir; Bayt Al-Mi’mar Al-Misri // House of Egyptian Architecture.

Kawan-kawan @kupretist berkesempatan juga mengikuti sebuah diskusi bertema “Situs Sejarah di Kairo: antara Kenyataan dan Harapan” dengan narasumber Duktur Aboalalla Khalil, pemerhati situs & kolumnis sejarah Islam Mesir.

Dalam diskusi yang berlangsung 3 jam itu Duktur Aboalalla Khalil memaparkan setumpuk temuannya mulai dari bekas situs yg lenyap rumah dari Yaqub bin Killis (Fatimid), Makam Syekh Al-Izz bin Abdissalam, Makam Ruqayyah Dudu, Rumah Ibnu Iyas dan beberapa situs yang masih bisa diharapkan untuk diselamatkan.

Lebih dari 4 tahun kami di @kupretist mengenal baik beliau dan keluarga. Di beberapa events kami “nguprét” menjelajah Kairo bersama. Hingga pernah dari sebelum zuhur sampai lewat dini hari karena saking asyiknya menelusuri Kairo di tengah liburan panjang.

Terima kasih, Bayt Al-Mi’mar dan Duktur Aboalalla Khalil! Serta kawan baru kami Rafiq dari Malaysia! Selamat menjalajah bagi kawan-kawan yang sedang berlibur! Sampai jumpa di event mendatang!
.
.
📍Bayt Al-Mimar, Darb Al-Labbanah, Distrik Khalifa, Kairo

17 Juli 2018
#kupretistducaire #masisir

Mahasiswa pascasarjana jurusan Siyasaat Syar'iyyah, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir